Thursday 24 September 2015

0 Sosok Tokoh Gnu/Linux Yang Populer

                 Tokoh penting GNU/Linux  Richard Matthew Stallman(RMS) lahir di Manhattan pada tanggal 16 Maret 1953 dari pasangan Alice Lippman dan Daniel Stallman. Richard Stallman adalah tokoh sentral Free Software Foundation, pendiri Proyek GNU serta pencetus hak lisensi copyleft dan konsep ini diabadikannya dengan lisensi General Public License (GPL). Proyek GNU yang diciptakan oleh Richard Stallman antara lain: teks editor Emacs, debugger GDB, kompiler GNU (GCC) yang saat ini telah mendukung 30 macam arsitektur komputer dan 7 macam bahasa pemrograman. Softwaresoftware buatannya merupakan bagian terpenting pada proyek GNU secara keseluruhan. Tahun 1960-an merupakan era Personal Computer (PC). Kesempatan pertama yang didapatkan Stallman untuk mendalami komputer saat ia duduk di bangku sekolah menengah pertama (junior high school). Stallman menghabiskan masa liburannya setelah menyelesaikan sekolah menengah pertama untuk menulis program pertamanya. Bahasa pemrograman yang digunakan pada waktu itu adalah PL/I pada komputer IBM 7094. Tahun 1974 Stallman meraih gelar BA pada bidang fisika di Harvard University. Selama menjalani masa perkuliahannya di Harvard University, Stallman juga bekerja sebagai staff hacker di laboratorium AI MIT. Tahun 1984 Stallman mengundurkan diri dari MIT untuk mencurahkan perhatian sepenuhnya terhadap proyek GNU sehingga akhirnya tidak dapat menyelesaikan program doktoral yang diikutinya. Namun demikian, Stallman telah mendapat 3 gelar Doctor Honoris Causa (HC) dari beberapa universitas di dunia. Selain itu, Stallman juga sempat menjabat sebagai Asisten Laboratorium Biologi di Universitas Rockefeller. Berkat kemampuan analisis yang sangat tinggi sehingga membuat kagum pimpinan Laboratorium tersebut. Hal lain yang membuat pimpinan lab terkagum-kagum pada diri seorang Stallman karena latar belakang pendidikannya selama ini bukan dalam bidang biologi melainkan matematika dan fisika. Kemampuan lain yang dimiliki seorang Stallman adalah dalam bidang komputer.

Richard Matthew Stallman


                 Linus B. Torvalds Lahir pada tanggal 28 Desember 1969 di Helsinki-Finland. Ayahnya bernama Torvalds. Saat berusia 10 tahun Linus Torvalds sudah mulai mencoba membuat program pada komputer Commodore VIC-20 milik sang kakek. Tahun 1991 Torvalds tercatat sebagai mahasiswa ilmu komputer di University of Helsinki, Finland. Di tahun yang sama Torvalds membeli sebuah komputer (PC) dengan MS-DOS sebagai sistem operasinya. Namun Linus Torvalds sendiri lebih menyukai menggunakan operation system (OS) UNIX yang digunakan di departemen ilmu komputer tempat ia menuntut ilmu. Linus Torvalds kemudian membuat base OS (Linux - red) varian UNIX untuk digunakan pada komputer miliknya. Setelah linux (Linus’s MINIX) rampung, Linus Torvalds kemudian mengirim email ke internet untuk memberikaninformasi bahwa telah tersedia sebuah sistem operasi gratis beserta source codenya. Berkat kestabilan Linux yang jarang mengalami crash membuat para vendor perusahaan ternama mengumumkan rencananya untuk mendukung linux sebagai sistem operasi alternative MS-Windows.

Linus B. Torvalds

Unknown Softwere~Anime~Linux

Aryandione Terimakasih Telah Membaca Post Ini Sosok Tokoh Gnu/Linux Yang Populer Aryandione ~ Bagi yang ingin mengcopya artikel ini boleh saja asalkan cantumkan links sumbernya ya ..!!!!

:: Get this widget ! ::

Read Another Posts:

Facebook
0 Blogger

0 Comments

Saran dan Kritik Sahabat